photo fgr_zpsa263fa65.gif

Headlines News :
Home » , , , , , , » Dapat penghargaan dari Timor Leste, Mantan PM Vanuatu tetap dukung Papua Merdeka

Dapat penghargaan dari Timor Leste, Mantan PM Vanuatu tetap dukung Papua Merdeka

Dapat penghargaan dari Timor Leste, Mantan PM Vanuatu tetap dukung Papua Merdeka

Mantan Perdana Menteri Vanuatu, Barak Sope (kiri) dan Benny Wenda (kanan) – Vanuatu Daily Post
Jubi , Mantan perdana menteri Vanuatu, Barak Sope, mengaku sangat yakin West Papua akan merdeka dari Indonesia. Sope yang sejak lama menjadi pendukung kemerdekaan Timor Leste, seperti dilansir postcourier.com meyampaikan hal tersebut setelah dianugerahkan penghargaan "Order of Timor Leste" belum lama ini di Ibukota Dili, atas kontribusinya terhadap kesuksesan perjuangan pembebasan negeri itu.
Penghargaan tersebut adalah yang tertinggi diberikan oleh Timor Leste. Sope pun sejak lama menjadi pengadvokasi West Papua serta hak penentuan nasib sendiri West Papua. Di awal Desember tahun lalu, dirinya mendorong Vanuatu menjadi anggota Komite Khusus PBB untuk Dekolonisasi guna menghadapi kepentingan Indonesia.

Sope menuding pemerintah Indonesia ada di Komite Dekolonisasi hanya untuk memastikan agar perihal penentuan nasib sendiri West Papua tidak didiskusikan. Barak Sope saat itu mengatakan bahwa Indonesia adalah satu-satunya anggota komite yang menginginkan agar agenda hak menentukan nasib sendiri bagi bangsa Papua itu tidak dibahas di PBB. Sementara, Vanuatu adalah salah satu negara yang cukup getol menyuarakan hak menentukan nasib sendiri bagi Papua. Dan Sope adalah salah satu advokat pembelanya.

Menurut dia, Vanuatu memiliki hak untuk menduduki kursi anggota Komite PBB dan seharusnya bisa mendesakkan agenda tersebut. “Alasan Indonesia ada di komite itu adalah untuk menghalau pembahasan isu Papua. Itu saja yang mereka mau – memastikan agenda Papua tidak dibahas,” ujarnya. Oleh karena itu, Sope menilai negara-negara pendukung ide penentuan nasib sendiri bagi Papua sebaiknya ada di dalam Komite 24, komite yang membahas agenda dekolonisasi negara-negara di dunia.(*)


Reporter :Zely Ariane
zely.ariane@tabloidjubi.com
Editor :
Situs ini adalah situs online aktivis suara papua merdeka yang dikembangkan oleh Biro Media dan Propaganda Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Malang-Surabaya. Anda diperkenankan untuk BERBAGI (menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun) dan ADAPTASI (menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial). Informasi dalam situs ini masih harus dikonfirmasi kepada pengelola situs di melanesiapost@gmail.com (Activis Independence of Papua/Pengembang Situs)
Share this post :