photo fgr_zpsa263fa65.gif

Headlines News :
Home » , , » Aliansi Mahasiswa Papua Se-Jawa & Bali Memperingati HUT West Papua 1 Desember 2013 Di Surabaya

Aliansi Mahasiswa Papua Se-Jawa & Bali Memperingati HUT West Papua 1 Desember 2013 Di Surabaya

Aliansi Mahasiswa Papua Se-Jawa & Bali Memperingati HUT West Papua 1 Desember 2013 Di Surabaya

Mahasiswa Papua di Surabaya Demo Tuntut Kemerdekaan : aktual.co
Sejumlah mahasiswa Papua melakukan aksi peringatan Papua Merdeka (Foto: Aktual.co/Tino Oktaviano)
Jakarta, Aktual.co —  Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Surabaya (AMP) melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Grahadi, Surabaya. Mereka meminta agar Papua diakui sebagai negara merdeka.

"Kami protes terhadap pemerintah NKRI, karena selalu saja ada aksi kekerasan yang dilakukan anggota TNI dan Polri terhadap masyarakat di Papua," ujar Theodorus Tekeke, juru bicara AMP, Senin (16/9).

Mereka menuntut kemerdekaan Papua Barat dan menghentikan aktivitas eksploitasi perusahaan Multi National Coorporation (MNC) dan ditariknya militer Indonesia (TNI/Polri) di tanah Papua.

Pengunjuk rasa juga mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono segera menetapkan kemerdekaan bangsa Papua Barat. 

Belasan mahasiswa itu juga minta agar media internasional bebas meliput dan mengekspos segala kegiatan di Papua. Aksi tersebut berlangsung tertib. 

Sebelumnya, pada 15 Agustus, AMP Komite Kota Surabaya menggelar Parade Seni Budaya Papua. Kala itu, mereka menggelar demo damai dalam rangka memperingati diselenggarakannya New York Agreement pada 15 Agustus 1962, dan  mendukung pembukaan kantor Free West Papua Campaign di Belanda, di tanggal yang sama. 
Laporan: Bagus Novianto
Epung Saepudin
Share this post :